Beberapa tahun yang lalu, saya menulis artikel tentang bagaimana, ketika merencanakan pernikahan, saya menunjukkan kepada aplikasi Pinterest bahwa saya tertarik dengan gaya rambut dan tablescapes, dan kemudian saya tiba-tiba dibanjiri saran untuk hal yang sama. Semuanya baik-baik saja sampai—oops—saya membatalkan pernikahannya dan sepertinya pin Pinterest akan menghantui saya hingga penghujung hari. Pinterest bukan satu-satunya pelakunya. Semua media sosial ingin merekomendasikan hal-hal yang tidak lagi relevan, dan bau busuk dari konten basi ini tetap ada lama setelah ketidakaktifan berakhir.
Jadi di era baru kecerdasan buatan ini, ketika mesin mampu merasakan dan memahami dunia, ketika chatbot menampilkan diri mereka sebagai manusia yang luar biasa, ketika perusahaan teknologi bernilai triliunan dolar menggunakan sistem kecerdasan buatan yang kuat untuk meningkatkan pendapatan iklan, mesin rekomendasi ini pasti mendapatkan keuntungan. lebih pintar. Benar?
Mungkin tidak.
Mesin rekomendasi adalah salah satu algoritme pertama di web konsumen, dan mereka menggunakan berbagai teknik pemfilteran untuk mencoba menunjukkan kepada Anda hal-hal yang paling mungkin ingin Anda gunakan untuk berinteraksi (dan dalam banyak kasus, membeli secara online). Jika dilakukan dengan baik, mereka akan sangat membantu. Pada masa-masa awal berbagi foto, seperti di Flickr, algoritma sederhana memastikan bahwa Anda melihat foto-foto terbaru yang dibagikan oleh teman-teman Anda saat Anda masuk lagi. Bagikan foto mereka.
Setelah lebih dari tiga tahun melaporkan apa yang disebut masalah “dibatalkan” di Pinterest, dengan sedih saya harus mengatakan bahwa rekomendasi Pinterest saya tetap membuat frustrasi. Anehnya, Pinterest kini menargetkan saya sebagai wanita rubah perak berusia 60 hingga 70 tahun yang mencari gaya rambut trendi. Dan dapur hijau bijak. Setiap hari, seperti jam kerja, saya menerima email pemasaran dari perusahaan media sosial yang berisi foto-foto yang menunjukkan bahwa saya mungkin menikmati peran sebagai nenek pesisir.
SAYA adalah Saya pernah mencari lukisan #inspo di internet. Namun saya sudah lama melewati tahap menggambar, dan ini hanya menyoroti bahwa beberapa mesin rekomendasi bisa jadi cerdas, namun tidak bersifat sementara. Mereka masih belum mengetahui kapan kejadian itu berlalu. Demikian pula, anggapan bahwa saya mungkin ingin melihat “gaya rambut untuk wanita di atas 60 tahun” adalah terlalu dini. (Saya seorang Milenial.)
Pinterest memiliki penjelasan untuk email ini dan saya akan mencari tahu. Namun perlu dicatat bahwa hal ini juga terjadi di situs lain, jadi saya tidak hanya memilih Pinterest Perusahaan telah menerapkan kepemimpinan baru selama dua tahun terakhir dan mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk menyempurnakan produk sehingga orang dapat benar-benar bersedia. untuk berbelanja di atasnya.
Threads, yang dimiliki oleh Meta, misalnya, mengumpulkan banyak data pengguna yang sama seperti Facebook dan Instagram. Threads adalah aplikasi sosial yang benar-benar berbeda dari Pinterest berdasarkan desain. Ini pada dasarnya adalah gulir teks yang diperbarui, dengan tab algoritmik “Untuk Anda” dan tab “Di Bawah”. Saya aktif membuat topik setiap hari; saya tidak menemukannya seperti yang saya lakukan dari pencarian gambar Google hingga gambar di Pinterest. Di tab Pelacakan, Topik menampilkan pembaruan dari jurnalis dan ahli teknologi yang saya ikuti. Di tab “Direkomendasikan untuk Anda”, Threads mengira saya sedang mengalami menopause.
Tunggu, apa? Di laboratorium, aku tidak. Namun selama beberapa bulan terakhir, Threads telah meyakinkan saya bahwa saya mungkin Ya. Baru saja, saat membuka aplikasi seluler, saya melihat postingan tentang perimenopause; wanita berusia empat puluhan yang berjuang untuk mengecilkan perut, mengatur sistem saraf, atau mengobati suami yang menderita ADHD yang menyewa pendamping; dan postingan terbaru Ali Huang tentang stand-up comedy. ini adalah sebuah ibu rumah tangga sejati-temui dunia aneh para lansia, milenial, dan kebosanan yang tidak mencerminkan akun yang saya pilih untuk diikuti atau minat yang saya ungkapkan.